Diploma Perhotelan (A.Md.Par.)

Deskripsi Program Studi

Diploma Perhotelan menerapkan dan mengembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus di bidang perhotelan, yang fokus pada perencanaan, produksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan. Peserta didik akan dibekali dengan keahlian teknis dan manajerial operasional hotel, dengan kemampuan pendukung bahasa asing.

Capaian Pembelajaran Lulusan

Sikap :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masayarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Bekerjasama dan memiliki kepekaaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menginternalisasi nilai , norma, dan etika akademik.
  8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian , kejuangan dan kewirausahaan.
  10. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaftif,dan apresiatif.
  11. Menginternalisasi nilai-nilai integritas, sikap responsif, terpercaya, profesional sesuai dengan Global Code of Ethics of Tourism yang berkepribadian Indonesia dalam menjalankan tugasnya.

Keterampilan Umum :

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai , baik yang belum maupun yang sudah baku.
  2. Mampu memununjukkan kinerja bermutu dan terukur.
  3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, onovatif, dan bertanggungjawabatas hasil secara mandiri.
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan.
  5. Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya.
  6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawab.
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri.
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  9. Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarisme.
  10. Mampu menggunakan teknologi informasi dalam kontek pengembangan keilmuan dan implemetasi bidang keahlian.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoritis dan keterampilan perhotelan secara umum.
  2. Menguasai konsep teoritis terkait pemahaman dan pengkaijian perkembangan industri perhotelan dan pariwisata secara umum.
  3. Menguasai konsep teoritis dan keterampilan di bidang kantor depan secara umum.
  4. Menguasai konsep teoritis dan keterampilan di bidang divisi kamar secara umum.
  5. Menguasai konsep teoritis dan keterampilan terkait penerapan dasar-dasar manajemen dalam operasional pengolahan makanan dengan baik secara umum.
  6. Menguasai konsep teoritis dan keterampilan bidang pelayanan dan penyajian makanan secara umum.
  7. Menguasai konsep teoritis dan keterampilan di bidang spa secara umum.
  8. Menguasai konsep teoritis dan keterampilan bidang akutansi secara umum.
  9. Menguasaikonsep teoritis dan keterampilan bidang marketing secara umum.
  10. Menguasai konsep teoritis dan keterampilan bidang personalia secara umum.
  11. Menguasai konsep teoritis dan keterampilan bidang pelayan secara umum.
  12. Menguasai konsep teoritis dan keterampilan sistem kekasiran secara umum.
  13. Menguasai konsep teoritis kewirausahaan secara umum.
  14. Menguasai konsep teoritis dan keterampilan bidang perencanaan dan operasioanal perjalanan wisata secara umum.
  15. Menguasaikonsep teoritis dan keterampilan bidang MICE secara umum.

Keterampilan Khusus :

  1. Menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas bidang spa dan rekreasi, memilih berbagai metode.
  2. Menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas bidang operasional kantor depan sesuai dengan standar hotel bintang lima, memilih berbagai metode.
  3. Menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas bidang operasional tata graha sesuai dengan standar hotel bintang lima,memilih berbagai metode.
  4. Menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas bidang produk kue dan makanan, memilih berbagai metode.
  5. Menyelesaikan pekerjaan lingkup luas bidang produk minuman tradisional, kopi, non-alkohol dan beralkohol, memilih berbagai metode.
  6. Menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas bidang operasional layanan makanan dan minuman di hotel (restoran, bar, café, layanan makanan di kamar, dan banquet) sesuai dengan standar hotel bintang lima, memilih berbagai metode.
  7. Mampu berkomunikasi minimal menggunakan satu bahasa Internasional, setara dengan kemampuan berbahasa pada tingkat B1 (Common European Framework of Reference for Languages).
  8. Mampu mengimplementasikan ketrampilan kerja di bidang perhotelan ke bidang hotel preneurship.
  9. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas bidang perencanaan dan operasioanal perjalanan wisata, memilih berbagai metode.
  10. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup MICE , memilih berbagai metode.

Visi Misi

Visi
“Pada tahun 2030, menjadi Prodi D III Perhotelan, yang Unik, Adaptif, inovatif, dan mampu mencetak cendekia dibidang Perhotelan yang berjiwa Entrepreneur”.

Misi

  • Menerapkan manajemen akademik, sumber daya, dan mutu yang berbasis perencanaan dan Information Technology (IT) yang mengacu pada terciptanya Manajemen tatakelola kegiatan belajar mengajar di Prodi Perhotelan yang baik.
  • Mengembangkan suasana akademik yang kondusif, guna menghasilkan lulusan Prodi D III Perhotelan yang bermoral, tangguh, berjiwa pemimpin, dan unggul dalam bidang pengembangan industri perhotelan berdasarkan jati diri bangsa.
  • Mengembangkan sistem pendidikan kompetensi keahlian dan soft skills di bidang Pelayanan di industri Perhotelan yang terhubung dengan dunia usaha dan sektor publik.
  • Mengembangkan kerjasama antar lembaga tingkat lokal, nasional, dan internasional secara berkelanjutan.
  • Mendorong kemajuan penelitian dan pengabdian masyarakat, yang menopang pendidikan dan kemajuan ilmu, teknologi, dan pengayaan budaya bangsa secara nasional dan internasional

Keunggulan Prodi

  • Melaksanakan pekerjaan teknis dilingkup FO, F&B Product and Service, pastry, Tata Graha, Bar dan Barista, Spa dan Rekreasi, dll.
  • Melaksanakan pekerjaan suvervisor dilingkup Deapartmen FO, F&B, Houskeeping.
  • Menginisiasi produk turunan usaha bisnis akomodasi.

Proyeksi Lulusan

Prospek karier untuk lulusan Diploma Perhotelan memungkinkan untuk bekerja di hotel nasional maupun internasional, Kapal pesiar, serta usaha akomodasi exclusive lainnya. Dengan jenjang karir, baik sebagai Hotel Manager, Restaurant Manager, Event Sales Manager, Wedding Sales Manager, Food & Beverage Manager, dan Room Sales Manager. Selain itu, lulusan juga dibekali guna memiliki jiwa kewirausahaan, sehingga memiliki nilai juang tinggi dalam meningkatkan karir di dunia professional dan juga punya semangat untuk menciptakan terobosan baru dibidang usaha jasa akomodasi.

Total SKS 108 dalam 6 Semester

Daftar Sekarang

Lihat Prodi lain di Jogja
Lihat Prodi lain di Baturaja
Lihat Prodi lain di Jakarta


Kampus Yogyakarta
Jl. Magelang No.Km.8, Mlati Glondong,
Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55285

Kampus Baturaja
Jl. Jendral A. Yani No.0267 A, Tanjung Baru,
Baturaja TimurKab. Ogan Komering Ulu,
Sumatera Selatan

Kampus Jakarta
Apartemen Kalibata City Tower Sakura Lantai I
Jalan Raya Kalibata City, Kec. Pancoran
Kota Jakarta Selatan